Iklan - Scroll Untuk Baca Artikel
KarimunKepri

Bupati Karimun: MTQ Perkuat Ukhuwah, Kesatuan dan Persatuan

×

Bupati Karimun: MTQ Perkuat Ukhuwah, Kesatuan dan Persatuan

Sebarkan artikel ini
Bupati Karimun, Aunur Rafiq memukul beduk tanda dibukanya MTQ tingkat Kecamatan Karimun, Sabtu 15 Februari 2020 malam. (Foto: Eka Perdana/Humas Pemkab Karimun).
IKUTI RCMNEWS di Google News

Karimun – Bupati Karimun, Aunur Rafiq membuka Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kecamatan Karimun, Sabtu 15 Februari 2020 malam yang ditandai dengan pemukulan beduk.

Pelaksanaan MTQ Kecamatan Karimun tahun ini, bertempat di lapangan depan panggung rakyat Putri Kemuning Coastal Area, Kabupaten Karimun.

Iklan - Scroll Untuk Melanjutkan
Iklan - Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Rafiq mengharapkan, pelaksanaan kegiatan MTQ membawa perubahan sikap dan perilaku masyarakat dalam rangka meningkatkan amal, keimanan serta ketakwaan kepada Allah SWT.

Harapannya lagi, masyarakat menjadikan pelaksanaan MTQ sebagai momentum menjaga ukuwah, persatuan dan kesatuan antara sesama.

Hidup saling berdampingan, saling hormat-menghormati satu dengan yang lainnya, baik sesama suku maupun sesama pemuluk agama.

“Saya mengajak semua masyarakat untuk meningkatkan ukuwah dan silaturahim. Keberagaman di Kabupaten Karimin dijadikan kebersamaan dan kekuatan sebagai modal membangun,” ujar Rafiq dalam sambutannya.

“Akhir-akhir ini Kabupaten Karimun seolah-olah tidak toleransi. Padahal sangat-sangat toleransi,” kata Rafiq menambahkan.

Dikatakannya, MTQ tingkat Kecamatan Karimun merupakan yang ke 8 dari 12 kecamatan se-Kabupaten Karimun. Masih ada 4 Kecamatan lagi yang akan melaksanakan MTQ yakni Belat, Kundur Barat, Ungar dan Moro.

“Masyarakat dari ke 8 kecamatan, sangat antusias dalam melaksanaannya MTQ di wilayahnya. Baik astaka dan rangkaian kegiatan-kegiatan lainnya. Pemkab Karimun mengapresiasi itu,” ucap Rafiq.

Rafiq berharap kembali, melalui pelaksanaan MTQ lahirnya qori-oqirah terbaik menjadi sebagai utusan dari masing-masing kecamatan untuk melaju MTQ Kabupaten Karimun, selanjutnya ke tingkat Provinsi Kepri.

“Dengan MTQ masyarakat khususnya generasi muda Kabupaten Karimun cinta membaca, mempelajari dan mengamal Alquran dalam kehidupam sehari-hari, sehingga menjadi generasi quraini. Soal menang atau kalah itu hal biasa,” tutupnya.

MTQ Kecamatan Karimun berlangsung selama tiga malam diikuti sebanyak 72 peserta (qori-qoriah) dari 6 Kelurahan dan 3 Desa. Cabang yang diperlombakan Tartil dan Tilawah (putra-putri).

Tujuan dari MTQ ini untuk penjaringan bibit dalam pesiapan MTQ Kabupaten Karimun pada Maret 2020 nanti. Selain itu, untuk membudayakan seni baca Alquran ditengah masyarakat dan memahami isi kandungannya. Kemudian, ajang mempererat dan memperokoh silaturahim serta kebersamaan masyarakat.

Penulis: KR

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *