Iklan - Scroll Untuk Baca Artikel
AnambasBatamBintanKarimunKepriKesehatanNatunaTanjungpinang

Lindungi Wartawan dari Covid-19, ini 3 Imbauan IWO Kepri

×

Lindungi Wartawan dari Covid-19, ini 3 Imbauan IWO Kepri

Sebarkan artikel ini
Logo Ikatan Wartawan Online (IWO). (Foto: istimewa).
IKUTI RCMNEWS di Google News

INFOTERKINI – Pengurus Wilayah Ikatan Wartawan Online (IWO) Provinsi Kepri mengeluarkan imabauan bagi para jurnalis dalam menjalankan tugas di tengah pandemi virus Corona atau Covid-19.

Imbauan diterbitkan, Senin (20/4/2020) malam itu, dalam rangka mendukung langkah pemerintah Republik Indonesia dalam menanggulangi penyebaran virus tersebut.

Iklan - Scroll Untuk Melanjutkan
Iklan - Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Berikut ini imbauan PW IWO Kepri untuk segenap anggota IWO di Provinsi Kepri:

1. Menghindari wawancara tatap muka dengan narasumber dengan memanfaatkan teknologi komunikasi kecuali peristiwa yang sangat penting.

2. Menghindari konferensi pers di ruang tertutup yang tidak aman untuk kesehatan wartawan.

3. Senantiasa waspada dan menggunakan alat pelindung diri dan rajin mencuci tangan saat melakukan peliputan.

“Imbauan tersebut bukti PW IWO Kepri juga ikut aktif dalam mencegah penyebaran Covid-19 di wilayah Provinsi Kepri khususnya,” jelas Ketua PW IWO Kepri, Rudiarjo Pangaribuan didampingi Sekretaris, Sholihul Abidin.

Sebagai diberitakan, Dewan Pers dan sejumlah Organisasi Jurnalis mengeluarkan Protokol Keamanan Liputan dan Pemberitaan Covid-19 bagi jurnalis.

Sehingga wartawan lebih mengutamakan perlindungan kesehatan dan keselamatan diri daripada perolehan bahan pemberitaannya.

Kebijakan itu mendapat apresiasi dari, Abdul Kharis Almasyhari, Wakil Ketua Komisi 1 DPR RI.

“Dalam kesimpulannya, Komisi I DPR RI mendorong Dewan Pers dengan Konstituen Dewan Pers agar secara aktif dan berkelanjutan, melindungi tugas jurnalis dalam rangka menjaga keamanan kerja saat melakukan peliputan selama pandemi Covid-19 demi keberlangsungan eksistensi perusahaan pers,” ujar Kharis kepada media, Senin (20/4/2020) seperti dilansir dari suarasurabaya.net.