Menu

Mode Gelap
HUT RI ke-77, Polairud Polres Karimun Kibarkan Bendera Merah Putih di Pulau Terluar Indonesia Kadinkes Karimun: Covid-19 Belum Berakhir, Patuhi Prokes dan Ikut Vaksin Booster Begini Kata Bupati Karimun Soal Dualisme KNPI Update Covid-19 Karimun: Bertambah Lagi, Positif Covid-19 Tersebar di 4 Kecamatan Oknum Guru SD di Kundur Pelaku Pencabulan 5 Siswa Dinonaktifkan Terjadi Lakalantas di Karimun, Begini Penjelasan Polisi Berstatus PNS, Oknum Guru Agama yang Cabuli 5 Siswa SDN di Kundur Terancam Dipecat Oknum Guru SD di Kabupaten Karimun Cabuli 5 Siswa dengan Iming-iming Nilai Tinggi Positif Covid-19 di Karimun 6 Orang, Kadinkes: Semuanya Isoman Telah Dibuka Pendaftaran Bacalon Ketua DPD KNPI Karimun

Headline · 16 Feb 2020 22:03 WIB

10 Cara Mengatasi Rasa Lelah Akibat Bekerja


					(Foto: ilustrasi). Perbesar

(Foto: ilustrasi).

Jakarta, infoterkini.co.id – Kelelahan akibat bekerja bukan lagi hal yang bisa disepelekan, karena selain berdampak buruk pada kesehatan tubuh, juga mental. Menurut survei, satu dari lima pekerja penuh waktu mengalami masalah kesehatan mental karena bekerja.

Namun, kamu tidak perlu khawatir. Dilansir dari marieclaire.co.uk, Minggu (16/2/2020), berikut ini adalah beberapa cara mengatasi rasa lelah akibat bekerja, penasaran?

1. Berbaik hati pada diri sendiri

Berhentilah mengkritisi diri sendiri terlalu keras dan berhenti membandingkan diri sendiri dengan keadaan orang lain. Fokuslah pada hal-hal yang kamu kuasai dan apa yang telah kamu capai selama ini.

 

2. Mendapatkan dukungan

3. Mengendalikan

Perbedaan antara tekanan dan stres adalah kontrol, banyak orang justru bisa melakukan yang terbaik saat berada di bawah tekanan. Fokuslah pada apa yang sedang kamu upayakan saat ini, bukan pada hal-hal yang tidak dapat kamu lakukan, karena langkah kecil sekalipun dapat meningkatkan kepercayaan diri, serta membuat perbedaan yang besar.

 

4. Menemukan tujuan dari apa yang kamu lakukan

Rasanya akan sangat sulit menemukan tujuan ketika kamu sedang merasa terjebak dalam suatu kondisi. Orang yang bertahan dan berkembang dalam hidup adalah mereka yang menemukan tujuan dalam apa yang mereka lakukan, seperti bekerja.

 

5. Istirahat

Tetapkan batasan tentang kapan kamu harus bekerja dan istirahat.

 

6. Pikirkan bahasa yang kamu gunakan

Bahasa seperti apa yang sering kamu gunakan untuk dialog internal? Cara terbaik untuk mengatasi stres adalah menghentikan diri sendiri untuk berdialog secara negatif dan temukan bahasa yang lebih positif.

 

7. Tetap fokus

Tahukah kamu bahwa sebagian besar waktu pekerja kantoran digunakan untuk gangguan dan media sosial? Inilah pentingnya menetapkan tujuan yang jelas agar kamu bisa tetap fokus bekerja.

 

8. Menjaga kesehatan

Hal-hal sederhana, seperti menjaga kesehatan akan membantumu mengatasi rasa lelah akibat bekerja.

 

9. Tidur yang cukup

Kelelahan memiliki efek yang sama pada kemampuan kognitif seperti mabuk.

 

10. Bersyukur

Terakhir adalah memperbanyak rasa syukur, temukan hal-hal positif yang terjadi dalam hidupmu. Masihkah kamu sering merasa lelah akibat bekerja?

 

 

 

Sumber: Fimela.com

Artikel ini telah dibaca 6 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

HUT RI ke-77, Polairud Polres Karimun Kibarkan Bendera Merah Putih di Pulau Terluar Indonesia

11 Agustus 2022 - 17:06 WIB

Kadinkes Karimun: Covid-19 Belum Berakhir, Patuhi Prokes dan Ikut Vaksin Booster

10 Agustus 2022 - 15:03 WIB

Begini Kata Bupati Karimun Soal Dualisme KNPI

6 Agustus 2022 - 18:18 WIB

Update Covid-19 Karimun: Bertambah Lagi, Positif Covid-19 Tersebar di 4 Kecamatan

6 Agustus 2022 - 13:05 WIB

Oknum Guru SD di Kundur Pelaku Pencabulan 5 Siswa Dinonaktifkan

6 Agustus 2022 - 12:29 WIB

Berstatus PNS, Oknum Guru Agama yang Cabuli 5 Siswa SDN di Kundur Terancam Dipecat

3 Agustus 2022 - 17:34 WIB

Trending di Headline