Menu

Mode Gelap
HUT RI ke-77, Polairud Polres Karimun Kibarkan Bendera Merah Putih di Pulau Terluar Indonesia Kadinkes Karimun: Covid-19 Belum Berakhir, Patuhi Prokes dan Ikut Vaksin Booster Begini Kata Bupati Karimun Soal Dualisme KNPI Update Covid-19 Karimun: Bertambah Lagi, Positif Covid-19 Tersebar di 4 Kecamatan Oknum Guru SD di Kundur Pelaku Pencabulan 5 Siswa Dinonaktifkan Terjadi Lakalantas di Karimun, Begini Penjelasan Polisi Berstatus PNS, Oknum Guru Agama yang Cabuli 5 Siswa SDN di Kundur Terancam Dipecat Oknum Guru SD di Kabupaten Karimun Cabuli 5 Siswa dengan Iming-iming Nilai Tinggi Positif Covid-19 di Karimun 6 Orang, Kadinkes: Semuanya Isoman Telah Dibuka Pendaftaran Bacalon Ketua DPD KNPI Karimun

Kesehatan · 7 Mar 2020 17:48 WIB

7 Makanan yang Kerap Menyebabkan Timbulnya Sakit Kepala


					Berikut daftar makanan yang dapat menyebabkan timbulnya sakit kepala. (Nattakorn Maneerat/Shutterstock) Perbesar

Berikut daftar makanan yang dapat menyebabkan timbulnya sakit kepala. (Nattakorn Maneerat/Shutterstock)

Infoterkini, Ketika sakit kepala datang tiba-tiba, hal ini kerap membuat kita sulit untuk melakukan kegiatan sahari-hari. Solusi yang kerap dilakukan adalah tidur sepanjang hari dengan harapan sakit kepala akan hilang.

Sakit kepala yang paling umum diderita adalah sakit kepala tegang, sakit kepala kluster, sakit kepala sinus, dan migrain. Apa pun jenis sakit kepala yang diderita, penyebab utama sakit kepala ini berasal dari makanan tertentu, tembakau, stres, hormon, dan bahan kimia.

Dilansir dari boldsky, ada beberapa makanan yang jika dikonsumsi dengan porsi yang berlebihan dapat memicu timbulnya sakit kepala. Apa saja? mari kita simak.

1. Cokelat olahan

Cokelat yang mengadung kakao rendah dapat memicu sakit kepala migrain pada beberapa orang karena adanya bahan kimia tyramine dan kafein.

2. Pemanis buatan

Pemanis buatan seperti sakarin, asesulfam, aspartam, neotame, dan sukralosa adalah pengganti gula yang ditambahkan ke beberapa makanan dan minuman agar terasa manis. Pemanis buatan ini dapat memicu sakit kepala pada beberapa orang. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa aspartame dapat memicu sakit kepala.

3. Keju

Keju mengandung tyramine, bahan kimia yang terbentuk sebagai akibat dari pemecahan protein dalam keju. Keju seperti keju feta, keju parmesan dan keju biru memiliki lebih banyak tyramine yang dapat menyebabkan sakit kepala.

4. MSG

Monosodium glutamat (MSG) adalah aditif makanan yang ditemukan dalam makanan tertentu seperti kecap, saus tomat, daging olahan, miso dan tempe. Menurut American Migraine Foundation, MSG menyebabkan migrain parah pada 10 hingga 15% orang yang menderita migrain.

5. Es krim

Es krim adalah makanan lain yang bisa memicu sakit kepala. Ini disebabkan oleh suhu dingin yang ekstrim yang menstimulasi saraf tertentu dan mengontrol bagaimana darah mengalir ke kepala. Saraf merespons dengan menyebabkan pembuluh darah membengkak di kepala.

6. Daging olahan

Daging olahan seperti hot dog, bacon, ham dan sosis mengandung nitrit yang dapat memicu sakit kepala migrain pada beberapa orang. Jadi, hindari mengonsumsi daging olahan jika Anda sering mengalami sakit kepala.

7. Kacang

Kacang Tanah Kacang juga dapat menyebabkan sakit kepala pada beberapa orang karena adanya bahan kimia yang disebut tyramine.

 

 

 

 

Sumber: Fimela.com

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Kadinkes Karimun: Covid-19 Belum Berakhir, Patuhi Prokes dan Ikut Vaksin Booster

10 Agustus 2022 - 15:03 WIB

Tingkatkan Imunitas Polres Lingga Gelar Fun Bike dan Senam Aerobik

8 Agustus 2022 - 09:57 WIB

Santunan Belum Dapat, DP2KA Lingga Nunggak BPJS

8 Agustus 2022 - 09:51 WIB

Update Covid-19 Karimun: Bertambah Lagi, Positif Covid-19 Tersebar di 4 Kecamatan

6 Agustus 2022 - 13:05 WIB

Bantu Keluarga Kurang Mampu, Kodim 0317/TBK Gelar Khitanan

5 Agustus 2022 - 16:52 WIB

Positif Covid-19 di Karimun 6 Orang, Kadinkes: Semuanya Isoman

2 Agustus 2022 - 15:22 WIB

Trending di Headline