Menu

Mode Gelap
Begini Kata Bupati Karimun Soal Dualisme KNPI Update Covid-19 Karimun: Bertambah Lagi, Positif Covid-19 Tersebar di 4 Kecamatan Oknum Guru SD di Kundur Pelaku Pencabulan 5 Siswa Dinonaktifkan Terjadi Lakalantas di Karimun, Begini Penjelasan Polisi Berstatus PNS, Oknum Guru Agama yang Cabuli 5 Siswa SDN di Kundur Terancam Dipecat Oknum Guru SD di Kabupaten Karimun Cabuli 5 Siswa dengan Iming-iming Nilai Tinggi Positif Covid-19 di Karimun 6 Orang, Kadinkes: Semuanya Isoman Telah Dibuka Pendaftaran Bacalon Ketua DPD KNPI Karimun Kadispora Karimun: Hasil Popda Kepri 2022 jadi Evaluasi Untuk Perbaikan Ada Pemeliharaan PLTU, Listrik di Karimun Padam Bergilir Mulai 29 Juli 2022

Anambas · 29 Feb 2020 22:44 WIB

Anambas Akan Terkoneksi Internet Berkecepatan Tinggi


					Peralatan Tower Moratelindo yang akan segera terpasang di Kabupaten Anambas. Perbesar

Peralatan Tower Moratelindo yang akan segera terpasang di Kabupaten Anambas.

Anambas, infoterkini.co.id – Kecamatan Palmatak, Kute Siantan dan Jemaja Kabupaten Kepulauan Anambas, Provinsi Kepri akan terkoneksi internet dengan bandwidth 39 Mbps.

Peralatan Tower Moratelindo yang akan segera terpasang di Bukit Bayur Kute Siantan dan Jemaja, saat ini sedang proses pengiriman dari Tanjungpinang.

Diperkirakan, Sabtu (29/2/2020) malam ini, KM Sabuk Nusantara yang mengangkut peralatan tersebut tiba di Tarempa.

Kepala Dinas Komunikasi, Informasi dan Statistik Kabupaten Kepulauan Anambas, Jefrizal mengatakan, menyewa bandwidth berkecepatan tinggi milik Operator Moratelindo, terkait lemahnya akses internet seperti yang dikeluhkan masyarakat di tiga kecamatan tersebut.

Disampaikannya, bandwidth berkecepatan 30 Mbps dedicated, khusus untuk pelayanan RSUD Palmatak dan Jemaja.

Sedangkan untuk umum akan disediakan oleh operator seluler seperti telkomsel atau smartfren.

“Dengan bandwith berkecepatan tinggi, maka pihak rumah sakit di Palmatak dapat memberikan pelayanan kesehatan BPJS dan layanan kesehatan online lainnya secara cepat,” ujarnya.

Jefrizal memperkirakan akses internet berkecapatan tinggi itu, dapat dimanfaatkan warga di tiga kecamatan tersebut pada akhir April mendatang.

“Pihak operator infrastruktur komunikasi yaitu Moratelindo, terus menggesa pembangunan tower di Bukit Bayur Kute Siantan dan Batu Berapit di Jemaja,” ucapnya.

Menurutnya, untuk mengantar internet ke wilayah yang sedang mengalami kendala kecepatan akses, tidak dapat dilakukan jika tidak tersedia infrastruktur seperti tower atau fiber optik oleh operator sebagai  media penghubungnya.

Jadi sampai kapanpun internet cepat tak akan bisa sampai di suatu daerah jika tak ada operator. Dan untuk membangun itu operator tentu butuh waktu penyelesaian pekerjaannya.

“Tetapi Insya Allah kalau tak ada halangan seperti cuaca, maka pekerjaan akan siap di akhir Maret dan April kita akan alokasi sewa bandwidth operator untuk kebutuhan RS tersebut. Sehingga apa yang menjadi kebutuhan rumah sakit salah satunya kebutuhan jaringan untuk layanan aplikasi  BPJS kesehatan akan terpenuhi,” tambah Jefrizal.

Lebih lanjut dia mengatakan, untuk ke depan pihak telkom group akan mengelar kabel optik dalam memperluas jaringan layanan indi home di Kecamatan Palmatak dan Kute Siantan. Dan itu akan terealisasi setelah selesai pekerjaan pergelaran kabel optik telkom pada kedua kecamatan tersebut.

“Jika perangkat ini sudah tersedia, maka selain dapat dinikmati oleh masyarakat umum, pihak pemda juga bisa menyewa akses internet untuk kebutuhan kantor camat dan desa,” lanjutnya.

Penulis: paklong

Artikel ini telah dibaca 5 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Satgas TMMD ke 114 Karimun Kebut Penyelesaian Rehap RTLH

8 Agustus 2022 - 20:54 WIB

Tingkatkan Imunitas Polres Lingga Gelar Fun Bike dan Senam Aerobik

8 Agustus 2022 - 09:57 WIB

Santunan Belum Dapat, DP2KA Lingga Nunggak BPJS

8 Agustus 2022 - 09:51 WIB

TMMD ke 114: Dandim 0317/TBK Berbagi Sembako di 2 Desa

8 Agustus 2022 - 09:36 WIB

Didukung 12 OKP, Raden Richky Pimpin DPD KNPI Karimun Periode 2022-2025

8 Agustus 2022 - 09:13 WIB

Begini Kata Bupati Karimun Soal Dualisme KNPI

6 Agustus 2022 - 18:18 WIB

Trending di Headline