Menu

Mode Gelap

Karimun · 18 Feb 2020 15:14 WIB

Bupati Karimun Minta Masyarakat Sukseskan Sensus Penduduk 2020, ini Tujuannya


					Foto bersama usai rakor sensus penduduk 2020, di ruang rapat Cempaka Putih Kantor Bupati Karimun, Selasa (18/2/2020). (Foto: Candra Prasetya-Humas Pemkab Karimun). Perbesar

Foto bersama usai rakor sensus penduduk 2020, di ruang rapat Cempaka Putih Kantor Bupati Karimun, Selasa (18/2/2020). (Foto: Candra Prasetya-Humas Pemkab Karimun).

Karimun, infoterkini.co.id – Bupati Karimun, Aunur Rafiq meminta masyarakatnya mensukseskan sensus penduduk online dengan mengisi di website sensus.bps.go.id dari tanggal 15 Februari sampai 31 Maret 2020.

Mewujudkannya, Bupati juga memerintahkan Pimpinan OPD, Kabag, Kaban, Camat, Lurah dan Kepala Desa serta TNI-Polri, dapat membantu pelaksanaan sensus (mensosialisasikan).

“Berpartisipasinya semua pihak, tentu tersosialisasi dengan baik sensus penduduk tahun ini,” harapnya Rafiq usai rapat koordinasi sensus penduduk 2020 di ruang rapat Cempaka Putih Kantor Bupati Karimun, Selasa (18/2).

Dikatakan Rafiq, sensus penduduk online 2020 perlu adanya bimbingan. Petugas sensus dari Badan Pusat Statistik (BPS) setempat, harus turun ke kecamatan sampai desa.

Karena ia yakin dan percaya, masih banyak warga yang belum memahami tata caranya melalui handpone.

Untuk itu, perlu gencar dilakukan sosialisasinya. Petugas sensus juga harus turun kelapangan mensosialisasikannya.

Terutama Ketua RT dan RW harus berikan pemahaman dulu. Bila perlu Ketua dan RW dengan warganya dapat mengisi secara bersama-sama.

“Jika semuanya telah dipahami atau dimengerti secara serentak, pelaksanaan sensus penduduk 2020 di Kabupaten Karimun bisa tepat waktu dan akurasinya bisa tercapai. Jika tidak tercapai, akan dilakukan sensus tahap 2 (wawancara). Petugas sensus akan datang ke rumah-rumah warga,” tutur Rafiq.

Sementara itu ditempat yang sama,
Kepala BPS Kabupatrn Karimun, Nurul Choiriyati menjelaskan, tujuan sensus, untuk menghitung jumlah penduduk, kondisi karakteristik, sebaran penduduk di masing-masing kelurahan.

“Gunannya nanti pemerintah bisa membuat kebijakan, misalnya disana butuh puskesmas, sekolah, sarana jalan dan sebagainya,” ucapnya.

Lanjutnya, data-data yang dibutuh dalam sensus penduduk online 2020 yakni, nomor Kepala Keluarga (KK), NIK, nomor buku nikah atau surat cerai atau akta kematian.

“Pertanyaan tidak sulit, kita semua bisa langsung mengisinya. Setelah selesai mengisi datanya, bisa pilih simpan sementara atau kirim. Kalau simpan sementara, suatu saat bisa membuka karena sudah membuat paswordnya di awal. Apabila sudah kirim, data-datanya tak bisa dirubah lagi sudah final,” kata Nurul.

 

Penulis: KR

Baca Berita Lainnya di Google News
Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Buka Turnamen Voli di Karimun, Gubernur Kepri: Tanamkan Nilai Sportivitas

7 Desember 2022 - 12:50 WIB

Pemkab Karimun Bangun Jalan Lebuh-Penarah dan Kampung Asam-Sebele Senilai Rp 33 Miliar

6 Desember 2022 - 11:29 WIB

Polres Karimun Bantu Sembako Untuk Korban Kebakaran

5 Desember 2022 - 18:33 WIB

Operasi Pekat, Polres Karimun Amankan Petasan dan Kembang Api

5 Desember 2022 - 14:26 WIB

Ini Dugaan Penyebab Terbakarnya 3 Rumah Warga di Karimun

5 Desember 2022 - 13:18 WIB

3 Rumah Warga di Karimun Terbakar

5 Desember 2022 - 10:37 WIB

Trending di Headline