Iklan - Scroll Untuk Baca Artikel
Karimun

Bupati Karimun Minta Masyarakat Sukseskan Sensus Penduduk 2020, ini Tujuannya

×

Bupati Karimun Minta Masyarakat Sukseskan Sensus Penduduk 2020, ini Tujuannya

Sebarkan artikel ini
Foto bersama usai rakor sensus penduduk 2020, di ruang rapat Cempaka Putih Kantor Bupati Karimun, Selasa (18/2/2020). (Foto: Candra Prasetya-Humas Pemkab Karimun).
IKUTI RCMNEWS di Google News

Karimun, infoterkini.co.id – Bupati Karimun, Aunur Rafiq meminta masyarakatnya mensukseskan sensus penduduk online dengan mengisi di website sensus.bps.go.id dari tanggal 15 Februari sampai 31 Maret 2020.

Mewujudkannya, Bupati juga memerintahkan Pimpinan OPD, Kabag, Kaban, Camat, Lurah dan Kepala Desa serta TNI-Polri, dapat membantu pelaksanaan sensus (mensosialisasikan).

Iklan - Scroll Untuk Melanjutkan
Iklan - Scroll ke bawah untuk melanjutkan

“Berpartisipasinya semua pihak, tentu tersosialisasi dengan baik sensus penduduk tahun ini,” harapnya Rafiq usai rapat koordinasi sensus penduduk 2020 di ruang rapat Cempaka Putih Kantor Bupati Karimun, Selasa (18/2).

Dikatakan Rafiq, sensus penduduk online 2020 perlu adanya bimbingan. Petugas sensus dari Badan Pusat Statistik (BPS) setempat, harus turun ke kecamatan sampai desa.

Karena ia yakin dan percaya, masih banyak warga yang belum memahami tata caranya melalui handpone.

Untuk itu, perlu gencar dilakukan sosialisasinya. Petugas sensus juga harus turun kelapangan mensosialisasikannya.

Terutama Ketua RT dan RW harus berikan pemahaman dulu. Bila perlu Ketua dan RW dengan warganya dapat mengisi secara bersama-sama.

“Jika semuanya telah dipahami atau dimengerti secara serentak, pelaksanaan sensus penduduk 2020 di Kabupaten Karimun bisa tepat waktu dan akurasinya bisa tercapai. Jika tidak tercapai, akan dilakukan sensus tahap 2 (wawancara). Petugas sensus akan datang ke rumah-rumah warga,” tutur Rafiq.

Sementara itu ditempat yang sama,
Kepala BPS Kabupatrn Karimun, Nurul Choiriyati menjelaskan, tujuan sensus, untuk menghitung jumlah penduduk, kondisi karakteristik, sebaran penduduk di masing-masing kelurahan.

“Gunannya nanti pemerintah bisa membuat kebijakan, misalnya disana butuh puskesmas, sekolah, sarana jalan dan sebagainya,” ucapnya.

Lanjutnya, data-data yang dibutuh dalam sensus penduduk online 2020 yakni, nomor Kepala Keluarga (KK), NIK, nomor buku nikah atau surat cerai atau akta kematian.

“Pertanyaan tidak sulit, kita semua bisa langsung mengisinya. Setelah selesai mengisi datanya, bisa pilih simpan sementara atau kirim. Kalau simpan sementara, suatu saat bisa membuka karena sudah membuat paswordnya di awal. Apabila sudah kirim, data-datanya tak bisa dirubah lagi sudah final,” kata Nurul.

 

Penulis: KR

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *