Menu

Mode Gelap
Pimpin Upacara HUT RI ke 77, Bupati Karimun: Kemiskinan dan Pengangguran Menurun HUT RI ke-77, Polairud Polres Karimun Kibarkan Bendera Merah Putih di Pulau Terluar Indonesia Kadinkes Karimun: Covid-19 Belum Berakhir, Patuhi Prokes dan Ikut Vaksin Booster Begini Kata Bupati Karimun Soal Dualisme KNPI Update Covid-19 Karimun: Bertambah Lagi, Positif Covid-19 Tersebar di 4 Kecamatan Oknum Guru SD di Kundur Pelaku Pencabulan 5 Siswa Dinonaktifkan Terjadi Lakalantas di Karimun, Begini Penjelasan Polisi Berstatus PNS, Oknum Guru Agama yang Cabuli 5 Siswa SDN di Kundur Terancam Dipecat Oknum Guru SD di Kabupaten Karimun Cabuli 5 Siswa dengan Iming-iming Nilai Tinggi Positif Covid-19 di Karimun 6 Orang, Kadinkes: Semuanya Isoman

Karimun · 15 Feb 2020 17:40 WIB

Bupati Karimun: MTQ Perkuat Ukhuwah, Kesatuan dan Persatuan


					 Bupati Karimun, Aunur Rafiq memukul beduk tanda dibukanya MTQ tingkat Kecamatan Karimun, Sabtu 15 Februari 2020 malam. (Foto: Eka Perdana/Humas Pemkab Karimun). Perbesar

Bupati Karimun, Aunur Rafiq memukul beduk tanda dibukanya MTQ tingkat Kecamatan Karimun, Sabtu 15 Februari 2020 malam. (Foto: Eka Perdana/Humas Pemkab Karimun).

Karimun – Bupati Karimun, Aunur Rafiq membuka Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kecamatan Karimun, Sabtu 15 Februari 2020 malam yang ditandai dengan pemukulan beduk.

Pelaksanaan MTQ Kecamatan Karimun tahun ini, bertempat di lapangan depan panggung rakyat Putri Kemuning Coastal Area, Kabupaten Karimun.

Rafiq mengharapkan, pelaksanaan kegiatan MTQ membawa perubahan sikap dan perilaku masyarakat dalam rangka meningkatkan amal, keimanan serta ketakwaan kepada Allah SWT.

Harapannya lagi, masyarakat menjadikan pelaksanaan MTQ sebagai momentum menjaga ukuwah, persatuan dan kesatuan antara sesama.

Hidup saling berdampingan, saling hormat-menghormati satu dengan yang lainnya, baik sesama suku maupun sesama pemuluk agama.

“Saya mengajak semua masyarakat untuk meningkatkan ukuwah dan silaturahim. Keberagaman di Kabupaten Karimin dijadikan kebersamaan dan kekuatan sebagai modal membangun,” ujar Rafiq dalam sambutannya.

“Akhir-akhir ini Kabupaten Karimun seolah-olah tidak toleransi. Padahal sangat-sangat toleransi,” kata Rafiq menambahkan.

Dikatakannya, MTQ tingkat Kecamatan Karimun merupakan yang ke 8 dari 12 kecamatan se-Kabupaten Karimun. Masih ada 4 Kecamatan lagi yang akan melaksanakan MTQ yakni Belat, Kundur Barat, Ungar dan Moro.

“Masyarakat dari ke 8 kecamatan, sangat antusias dalam melaksanaannya MTQ di wilayahnya. Baik astaka dan rangkaian kegiatan-kegiatan lainnya. Pemkab Karimun mengapresiasi itu,” ucap Rafiq.

Rafiq berharap kembali, melalui pelaksanaan MTQ lahirnya qori-oqirah terbaik menjadi sebagai utusan dari masing-masing kecamatan untuk melaju MTQ Kabupaten Karimun, selanjutnya ke tingkat Provinsi Kepri.

“Dengan MTQ masyarakat khususnya generasi muda Kabupaten Karimun cinta membaca, mempelajari dan mengamal Alquran dalam kehidupam sehari-hari, sehingga menjadi generasi quraini. Soal menang atau kalah itu hal biasa,” tutupnya.

MTQ Kecamatan Karimun berlangsung selama tiga malam diikuti sebanyak 72 peserta (qori-qoriah) dari 6 Kelurahan dan 3 Desa. Cabang yang diperlombakan Tartil dan Tilawah (putra-putri).

Tujuan dari MTQ ini untuk penjaringan bibit dalam pesiapan MTQ Kabupaten Karimun pada Maret 2020 nanti. Selain itu, untuk membudayakan seni baca Alquran ditengah masyarakat dan memahami isi kandungannya. Kemudian, ajang mempererat dan memperokoh silaturahim serta kebersamaan masyarakat.

Penulis: KR

Artikel ini telah dibaca 2 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Kodim 0317/TBK Gelar Lomba Mancing Meriahkan HUT RI ke 77

17 Agustus 2022 - 22:30 WIB

Update Covid-19 Karimun: Sembuh 3, Pasien Positif 3

17 Agustus 2022 - 16:48 WIB

Pimpin Upacara HUT RI ke 77, Bupati Karimun: Kemiskinan dan Pengangguran Menurun

17 Agustus 2022 - 16:00 WIB

Polres Karimun Panitia Utama Upacara Bendera HUT RI ke 77

17 Agustus 2022 - 12:00 WIB

Kompak! Satgas TMMD dan Masyarakat Cor Jalan Semenisasi Ratusan Meter

17 Agustus 2022 - 11:45 WIB

Ribuan Pengunjung Padati Lapangan Merdeka Lingga Saksikan Pawai Obor HUT RI ke 77

17 Agustus 2022 - 10:44 WIB

Trending di Kepri