Menu

Mode Gelap

Anambas · 21 Feb 2020 09:44 WIB

Disdukcapil Anambas Miliki 4 Inovasi Unggulan Wujudkan Pelayanan Bermadah


					Kepala Disdukcapil Anambas, Agus Basir. Perbesar

Kepala Disdukcapil Anambas, Agus Basir.

Tarempa, infoterkini.co.id – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kepulauan Anambas, Provinsi Kepri memiliki 4 inovasi pelayanan unggulan, yakni “Jempol Kita, Hang Jebat, Kata Kita dan Remcepat”.

Pertama, Jempol Kita (Jemput Dokumen KIA dan Akta). Melalui inovasi ini, staf Disdukcapil mengunjungi atau mendatangi sekolah-sekolah untuk memfoto dan meminta dokumen akta kelahiran siswa kepada pihak sekolah.

Selain itu, staf juga mengunjungi ke kantor-kantor desa untuk meminta data bagi yang usia balita dan mengumpulkan KK orang tua dan akta kelahiran untuk dicetak KIA (Kartu Identitas Anak).

Bagi masyarkat yang memiliki balita ataupun berusia 17 tahun ke atas untuk mengurus akta kelahiran, kami minta kepada desa untuk mengumpulkan persyaratan-persyaratannya.

Kedua, Hang Jebat (Hantar Dokumen Sampai Kealamat). Inovasi ini akan mengantar langsung dokumen tersebut yang sudah dicetak. Untuk KIA diantar kesekolah-sekolah, KK atau akta kelahiran diantar ke Kantor Desa.

Ketiga, Kata Kita (KK, Akta Kelahiran, KIA seketika). Melalui inovasi ini, staf Disdukcapil datang ke rumah sakit atau puskesmas mengunjungi  ibu yang sudah melahirkan. Dalam 3 hari kedepan staf Disdukcapil mencetak langsung 3 dokumen diantaranya perubahan KK, Akta Kelahiran dan KIA.

Inovasi unggulan keempat, Remcepat (Rekam E – KTP Cetak Ditempat). Maksudnya staf Disdukcapil dalam waktu tertentu berkunjung ke kecamatan atau desa-desa untuk melakukan perekaman E-KTP. Kemudian langsung bisa dicetak ditempat, terutama diprioritaskan kepada warga-warga yang sudah lansia.

Demikian disampaikan Kepala Disdukcapil Anambas, Agus Basir didampingi Sekretarisnya, Nurgayah pada dokumen berupa Akta Kelahiran, KIA dan Perubahan Akta kepada keluarga Ridwan.

Dokumen tersebut diserahkan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas, Sahtiar pada Kamis (20/2/2020).

“Inovasi tersebut upaya peningkatan pelayanan kepada masyarakat dalam rangka mewujudkan Playanan Bermadah (Beres, Maksimal dan Mudah) Anambas. Stategi dan inovasi yang dilakukan diantaranya yang disebut  “Kata Kita”, untuk mempercepat kepemilikan dokumen kependudukan masyarakat,” ujar Agus Basir.

Sementara itu, Ridwan selaku penerima dokumen dari inovasi Pelayanan Bermadah mengaku senang  dan berterima kasih kepada Disdukcapil Anambas.

“Dokumen atas kelahiran anak saya siap dengan seketika, dan langsung diantar ditempat,” ucapnya yang penuh bahagia.

.

Penulis: Paklong

Baca Berita Lainnya di Google News
Artikel ini telah dibaca 3 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Kapolsek Balai Karimun Berbagi Nasi Bungkus ke Masyarakat Setiap Hari Jumat

9 Desember 2022 - 18:30 WIB

Ini Besaran UMK Kabupaten dan Kota di Provinsi Kepri 2023, Batam Tertinggi

9 Desember 2022 - 18:01 WIB

Kompol Petra Centya Katotje Tumengkol Jabat Wakapolres Karimun

9 Desember 2022 - 15:10 WIB

Kapolres Karimun Santuni Penderita Tumor

9 Desember 2022 - 14:52 WIB

Pengganti KTP Elektronik, Pemprov Kepri Mulai Terapkan Identitas Kependudukan Digital

9 Desember 2022 - 14:16 WIB

Sempena Hari Jadi ke 14, ini Pesan Kepala Desa Batu Kacang

8 Desember 2022 - 22:11 WIB

Trending di Kepri