Iklan - Scroll Untuk Baca Artikel
KesehatanNasionalPeristiwaTrend

Ini 3 Gejala Utama Terinfeksi Varian Omicron

×

Ini 3 Gejala Utama Terinfeksi Varian Omicron

Sebarkan artikel ini
Foto: Infografis/Waspada, Ini Ciri Batuk Kering yang Jadi Gejala Corona!/Arie Pratama
IKUTI RCMNEWS di Google News

Penelitian yang sama juga mengungkap, hampir seluruh penderita Covid-19 akibat varian Omicron mengalami gejala penyerta. Jumlah penderita Covid-19 varian Omicron yang mengalami gejala penyerta mencapai 93%. Sementara hanya 7% pengidap yang tidak diikuti gejala turunan.

Meski gejala yang dialami pengidap Covid-19 Omicron terbilang ringan, namun CDC mengingatkan bahwa varian ini berpotensi mengganggu sistem kesehatan karena sifatnya yang mudah menular. Karena itu, CDC mengimbau seluruh pihak untuk memperkuat sistem pengawasan dan pertukaran informasi seputar Omicron untuk menekan laju penularan varian ini.

Iklan - Scroll Untuk Melanjutkan
Iklan - Scroll ke bawah untuk melanjutkan

“Karakter dari kasus-kasus yang disebutkan dalam laporan ini mungkin tidak bisa digeneralisir, karena kasus yang ditemukan bisa jadi banyak dipengaruhi faktor individu penderita,” tulis CDC.

Selain tiga gejala di atas, penyakit ikutan yang dialami penderita Covid-19 varian omicron berdasarkan penelitian CDC adalah demam (38%), mual atau muntah (22%), sesak napas (16%), diare (11%), dan anosmia atau hilangnya kemampuan penciuman (8%).

CDC melaporkan, varian Omicron sejauh ini banyak menjangkiti kelompok umur 18-39 tahun (58%), diikuti kelompok 40-64 tahun (23%), kelompok umur 65 tahun ke atas (9%) dan 18 tahun ke bawah (9%).

CDC belum menerima laporan adanya pengidap Covid-19 varian Omicron yang meninggal dunia. Rasio penderita yang dirawat di RS juga rendah yakni sebesar 2%.

Sumber: CNBC Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *