Iklan - Scroll Untuk Baca Artikel
KarimunKepri

Kadinkes Karimun: Perkembangan Covid-19 Dalam Kondisi Baik dan Terkendali

×

Kadinkes Karimun: Perkembangan Covid-19 Dalam Kondisi Baik dan Terkendali

Sebarkan artikel ini
Kepala Dinas Kabupaten Karimun, Rachmadi. (Foto: dok/it).
IKUTI RCMNEWS di Google News

INFOTERKINI – Perkembangan Covid-19 di Kabupaten Karimun dalam kondisi baik dan terkendali.

Demikian dijelaskan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karimun, Rachmadi kepada Wakil Bupati Karimun, Anwar Hasyim.

Iklan - Scroll Untuk Melanjutkan
Iklan - Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Hal itu dikatakannya pada rapat mengenai SE Gubernur Kepri tentang protokol pelaksanaan ibadah di Masjid pada Fase New Normal, di ruang rapat Cempaka Putih Kantor Bupati Karimun, Rabu (27/5/2020).

Turut hadiri Kepala Kantor Kementrian Agama, Asisten I, Kabag Kesra, Ketua MUI, Ketua PMKK, Ketua Baznas, Ketua Muhamadyah, NU dan DKM Mesjid Agung Karimun.

Dalam rapat tersebut menghasilkan beberapa kesimpulan. Diantaranya, pelaksanaan ibadah pada sarana/rumah ibadah prinsipnya telah disepakati bersama, maka perlu penggunaan protokoler kesehatan dan pengawasan Covid-19 yang ketat. Hal ini untuk menghindari terjadinya penularan.

Kemudian, Pemkab Karimun diharapkan dapat mempermudah tersedianya Thermogun (pengukur suhu tubuh) di apotik atau toko-toko lainnya. Sehingga pengurus rumah/sarana ibadah mudah untuk mendapatkannya.

Sementara itu Wakil Bupati Karimun, Anwar Hasyim meminta aturan protokol kesehatan tetap dijalankan dengan ketat sesuai SE Gubernur Kepulauan Riau, seandainya rumah/sarana ibadah akan dibuka untuk kegiatan sholat berjamaah.

Dijelaakannya pertama menyediakan sarana cuci tangan pakai sabun, kedua
melakukan pemeriksaan suhu tubuh jemaah, ketiga menggunakan masker bagi pengurus maupun jemaah.

Keempat membawa sejadah masing- masing, kelima tidak berjabat tangan dan berpelukan, keenam menetapkan physical distancing, minimal 1 lengan antara satu jemaah dengan jemaah lainnya.

“Dilanjutkan menggunakan ayat-ayat pendek, mempersingkat pelaksanaan khutbah. Bagi jemaah yang tidak menggunakan masker, tidak diperkenankan untuk berjemaah di Masjid,” tambah Anwar Hasyim mengkahiri.

Menindaklanjuti hasil rapat tersebut, Kamis (28/5/) dilanjutkan rapat pembahasan penerapan new normal dalam penanganan Covid-19 di ruang rapat Cempaka putih.

“Rapat hari ini dipimpin Bupati Karimun, Aunur Rafiq,” ucap Kabag Humas Pemkab Karimun, Didi Irawan singkat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *