Menu

Mode Gelap

Karimun · 16 Mei 2020 15:19 WIB

Pandemi COVID-19, Dosen se-Indonesia Ikuti Pelatihan Jurnalistik APTIKOM Secara Online


					Pelatihan jurnalistik Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komputer Indonesia (APTIKOM) Pusat, Sabtu, (16/5/2020). Perbesar

Pelatihan jurnalistik Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komputer Indonesia (APTIKOM) Pusat, Sabtu, (16/5/2020).

INFOTERKINI – Pada era globalisasi sekarang kegiatan jurnalistik penting. Sebab semua orang tidak bisa mengatur dan berbuat sesuatu bagi dirinya, tanpa memperoleh informasi terlebih dahulu.

Sedangkan semua informasi tentang hal yang tersedia dan terjadi saat ini merupakan produk jurnalistik seperti yang tersedia di surat kabar, radio, televisi, youtobe.

Informasi yang dibutuhkan bisa dalam hal politik, ekonomi, sosial, budaya, keamanan, pendidikan, kesehatan, artikel kampus dan kegiatan-kegiatan lainnya.

Inilah yang mendorong Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komputer Indonesia (APTIKOM) Pusat mengadakan pelatihan jurnalistik pada Sabtu, (16/5/2020).

Diketahui, APTIKOM memberikan fasilitas pengembangan bakat dan minat dunia jurnalistik, khususnya keterampilan menyampaikan berita dan informasi yang dapat berekspresi dan menuangkan segala yang ada di pikirannya melalui suatu karya berupa tulisan, gambar, video yang dapat ditunjukkan kepada khalayak luas.

Pelatihan yang tersebut menghadirkan H.Sarnapi merupakan wartawan senior Harian Umum Pikiran Rakyat sebagai pemateri.

Setelah dibuka dilanjutkan pemaparan materi tentang pembuatan Aplikasi My Aptikom berbasis Android (sebagai portal untuk akses kartu anggota digital, news, artikel, perpanjangan keanggotaan, dokumen-dokumen APTIKOM), Google Play Store (My APTIKOM) oleh Hanny Hikmayati Handayani, M.Kom, Digitalisasi APTIKOM.

“Web APTIKOM Provinsi dan Pusat dapa t dikelola secara baik serta rutin dengan konten yang terus update,” harap Direktur Eksekutif Pengurus Pusat APTIKOM, Solikin, S.Si, MT.

Sementara itu, H Sarnapi mengharapkan calon jurnalis APTIKOM mampu melaporkan dan menulis tentang berbagai topik atau berita.

“Terutama berita dan info tentang kampus lalu mempublikasikannya ke media web APTIKOM Provinsi dan Pusat,” tambahnya.

Pelatihan jurnalistik APTIKOM diikuti oleh perwakilan dari pengurus di 33 Provinsi. Setuap Provinsi diwajibkan mengirimkan masing-masing 2 orang perwakilan.

Narno, salah satu peserta perwakilan APTIKOM Kepri, sangat antusias mendapatkan ilmu dari beberapa narasumber, yaitu ilmu jurnalistik, seo, Adsense dan teknik penulisan serta konten web

“Ini pengalaman yang baru, selama ini biasanya hanya membuat web media online diantaranya infoterkini.co.id, keprionline, karimuntoday, metro12news. Kemudian web kejaksaan, kepolisian serta pemerintahan,” bebernya.

Narno mengharapkan, dengan adanya pelatihan jurnalistik APTIKOM ini, bisa berkontribusi untuk APTIKOM Kepri dan juga kampus. (kn)

Baca Berita Lainnya di Google News
Artikel ini telah dibaca 22 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Kapolsek Balai Karimun Berbagi Nasi Bungkus ke Masyarakat Setiap Hari Jumat

9 Desember 2022 - 18:30 WIB

Ini Besaran UMK Kabupaten dan Kota di Provinsi Kepri 2023, Batam Tertinggi

9 Desember 2022 - 18:01 WIB

Kompol Petra Centya Katotje Tumengkol Jabat Wakapolres Karimun

9 Desember 2022 - 15:10 WIB

Kapolres Karimun Santuni Penderita Tumor

9 Desember 2022 - 14:52 WIB

Pengganti KTP Elektronik, Pemprov Kepri Mulai Terapkan Identitas Kependudukan Digital

9 Desember 2022 - 14:16 WIB

Dewan Pers: UU KUHP Mengancam Kemerdekaan Pers dan Demokrasi

8 Desember 2022 - 22:52 WIB

Trending di Kolom