Menu

Mode Gelap
HUT RI ke-77, Polairud Polres Karimun Kibarkan Bendera Merah Putih di Pulau Terluar Indonesia Kadinkes Karimun: Covid-19 Belum Berakhir, Patuhi Prokes dan Ikut Vaksin Booster Begini Kata Bupati Karimun Soal Dualisme KNPI Update Covid-19 Karimun: Bertambah Lagi, Positif Covid-19 Tersebar di 4 Kecamatan Oknum Guru SD di Kundur Pelaku Pencabulan 5 Siswa Dinonaktifkan Terjadi Lakalantas di Karimun, Begini Penjelasan Polisi Berstatus PNS, Oknum Guru Agama yang Cabuli 5 Siswa SDN di Kundur Terancam Dipecat Oknum Guru SD di Kabupaten Karimun Cabuli 5 Siswa dengan Iming-iming Nilai Tinggi Positif Covid-19 di Karimun 6 Orang, Kadinkes: Semuanya Isoman Telah Dibuka Pendaftaran Bacalon Ketua DPD KNPI Karimun

Batam · 29 Feb 2020 11:15 WIB

Pelabuhan Sekanak Raya Memudahkan Akses Warga Hingga Wisatawan


					(Foto: istimewa). Perbesar

(Foto: istimewa).

Batam, infoterkini.co.id – Wali Kota Batam, Muhammad Rudi meresmikan penggunaan pelabuhan Sekanak Raya, Jumat (28/2). Pelabuhan ini terletak persis di sebelah Kantor Camat Belakangpadang.

Rudi berharap dengan adanya pelabuhan baru ini dapat mempermudah warga dari pulau-pulau sekitar untuk berbagai urusan di kantor camat.

“Kecamatan Belakangpadang ini sudah ada beberapa pelabuhan. Tapi letaknya di sebelah sana (Tanjungsari), di bagian selatan. Sedangkan di sebelah utara belum ada. Sementara banyak masyarakat tinggal di sekitar sini. Mereka butuh pelabuhan juga. Supaya tidak putar terlalu jauh. Bisa hemat minyak dan ongkos,” papar Rudi.

Menurutnya pelabuhan ini tak hanya untuk turun naik penumpang. Tapi juga bisa dimanfaatkan untuk angkutan barang. Sehingga ada aktivitas perdagangan juga di wilayah ini.

“Jadi multifungsi. Selain itu juga bisa untuk pintu masuk wisatawan. Karena dekat dengan Pulau Manis dan Pulau Nirup (kawasan wisata sanggraloka). Kalau boleh ada wisata lain juga di sini dengan adanya jembatan dan dermaga. Ini harus kreatif oleh masyarakat sendiri,” kata dia.

Pelabuhan beton ini dibangun dengan dana alokasi khusus (DAK) afirmasi Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi tahun 2019. Nilainya sebesar Rp2,793 miliar.

Panjang pelantar mencapai 96 meter dengan lebar 2,5 meter. Bagian dermaga memiliki luas 6×8 meter. Sementara ponton berukuran 5×8 meter.

“Atas dukungan masyarakat setempat, pelabuhan ini dapat selesai dalam waktu 6 bulan atau 180 hari kalender dengan baik dan lancar,” tutur Kepala Dinas Perhunungan Kota Batam, Rustam Efendi.

Sementara itu, Camat Belakangpadang Yudi Admajianto mewakili warganya menyampaikan terima kasih kepada Pemko Batam. Karena tetap memperhatikan pembangunan di pulau.

“Beberapa kegiatan besar sudah dilakukan di 2018. Di antaranya pembangunan Pelabuhan Sekanak Raya ini. Pelabuhan ini sudah diusulkan sejak 2013. Dulu ini adalah tebing. Lalu ada pengerukan DAM dari APBN, dan tanahnya ditimbun di sini. Barulah diusulkan pembuatan pelabuhan. Di antaranya untuk menyambut wisatawan,” terang Yudi.

Keberadaan pelabuhan ini menurutnya sangat dinantikan masyarakat. Karena berguna juga untuk anak-anak dari pulau sekitar yang hendak bersekolah di Belakangpadang. Misal dari Pulau Mercan, Sarang, dan sebagainya.

“Juga bermanfaat untuk transportasi barang dan masyarakat yang ingin ke Kantor Camat. Jadi tak harus ke Tanjungsari dulu lalu naik kendaraan lagi ke sini. Terima kasih kepada Pak Wali Kota dan Dinas Perhubungan yang sudah membangun pelabuhan di Sekanak Raya ini,” ujar mantan Kabag Humas Setdako Batam tersebut.

 

 

 

 

Sumber: MCB

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Satgas TMMD 114 Kodim 0317/TBK Selesai Bangun 9 Unit Jamban Warga Desa Parit

14 Agustus 2022 - 17:05 WIB

Adat Budaya Melayu Lingga Sambut Kapolres Baru

13 Agustus 2022 - 22:01 WIB

Neko Temui PSDKP Minta Tertibkan Kapal Ganggu Nelayan Lingga

12 Agustus 2022 - 17:17 WIB

Satgas TMMD 114 Kodim 0317/TBK Beri Penyuluhan Pertanian Kepada Warga

12 Agustus 2022 - 15:29 WIB

HUT RI ke-77, Polairud Polres Karimun Kibarkan Bendera Merah Putih di Pulau Terluar Indonesia

11 Agustus 2022 - 17:06 WIB

Tim Wasev Tinjau TMMD ke 114 Kodim 0317/TBK

11 Agustus 2022 - 16:52 WIB

Trending di Karimun