Menu

Mode Gelap
Pimpin Upacara HUT RI ke 77, Bupati Karimun: Kemiskinan dan Pengangguran Menurun HUT RI ke-77, Polairud Polres Karimun Kibarkan Bendera Merah Putih di Pulau Terluar Indonesia Kadinkes Karimun: Covid-19 Belum Berakhir, Patuhi Prokes dan Ikut Vaksin Booster Begini Kata Bupati Karimun Soal Dualisme KNPI Update Covid-19 Karimun: Bertambah Lagi, Positif Covid-19 Tersebar di 4 Kecamatan Oknum Guru SD di Kundur Pelaku Pencabulan 5 Siswa Dinonaktifkan Terjadi Lakalantas di Karimun, Begini Penjelasan Polisi Berstatus PNS, Oknum Guru Agama yang Cabuli 5 Siswa SDN di Kundur Terancam Dipecat Oknum Guru SD di Kabupaten Karimun Cabuli 5 Siswa dengan Iming-iming Nilai Tinggi Positif Covid-19 di Karimun 6 Orang, Kadinkes: Semuanya Isoman

Batam · 26 Jul 2020 10:53 WIB

Pelaku Perdagangan Orang Ditangkap Polisi, 1 dari 12 Korbannya Meninggal Dunia


					Press rilis penangkapan pelaku perdagangan orang di Polda Kepri, Sabtu (25/7/2020). Perbesar

Press rilis penangkapan pelaku perdagangan orang di Polda Kepri, Sabtu (25/7/2020).

Infoterkini.co.id – Kepolisian menangkap 7 orang yang diduga telah melakukan tindak pidana perdagangan orang (TPPO) dengan inisial HS, TA, TS, LK Alias E, ST, MH dan SC alias S.

Mereka ditangkap oleh tim dari Subdit IV Ditreskrimum Polda Kepri dan di back up tim Satgas TPPO Subdit III Dit Tipidum Bareskrim Polri dan Polda Jateng.

Dari ketujuh tersangka tersebut, dua diantaranya sudah ditangani di Polda Metro Jaya dan Polda Jawa Tengah. Sisanya ditangani di Polda Kepri karena berkaitan langsung dengan meninggal almarhum Hasan yang bekerja di kapal
Lu Huang Yuan Yu 118.

Barang bukti yang diamanakan adalah 66 buah paspor, 37 buku pelaut, beberapa bundel akte pendirian dan perizinan perusahan, dokumen perjanjian kontrak kerja laut antara korban dengan perusahan tersebut, 2 unit laptop, 1 unit CPU, 4 buah stempel perusahaan, buku tabungan, ATM, beberapa unit hp dan dokumen pribadi korban.

“Awalnya telah menetapkan satu tersangka dengan inisial SC alias S yang berperan sebagai mandor atau pengawas dalam pencarian ikan di kapal tersebut,” jelas Dirreskrimum Polda Kepri, Kombes Pol Arie Dharmanto didampingi Wadir Reskrimum, Sabtu (25/7/2020) di Polda Kepri.

Arie mengatakan, tersangka pertama diamankan adalah HS di Tegal yaitu tersangka Inisial HS. Yang bersangkutan sebagai Direktur PT. GMI yang bertanggungjawab terhadap proses rekrutmen dan juga sampai dengan proses pemberangkatan Pekerja Migran Indonesia.

Kedua inisial TA, yang merupakan Komisaris PT. MJM yang bertanggung jawab terhadap proses rekrutmen dan juga sampai dengan proses pemberangkatan Pekerja Migran Indonesia,

Selanjutnya inisial TS, merupakan Direktur PT. MJM dengan peranan yang sama dengan tersangka sebelumnya dan tersangka LK alias E Direktur PT. Novarica Agatha Mandiri yang berperan sama dengan tersangka lainnya, yaitu merekrut hingga sampai dengan pemberangkatan Pekerja Migran Indonesia dengan dokumen yang tidak semestinya dokumen tenga kerja.

“Kemudian iinisial ST yang ditahan di Polda Jateng, merupakan Komisaris PT. MTB dan tersangka MH Direktur PT. MTB juga di tahan di Polda Jateng. Ada juga tersangka dalam perkara lain, namun juga diduga terlibat dalam kasus tersebut yaitu inisial SC alias S,” tambah Arie.

Dijelaskannya kembali, ABK yang direkrut oleh PT. Mandiri Tunggal Bahari (PT. MTB) sebanyak 12 orang warga negara Indonesia yang menjadi korban, salah satunya almarhum Hasan.

Sementara itu, PT. GMI, PT. Novarica Agatha Mandiri dan PT. MJM merekrut 10 orang Warga Negara Indonesia yang menjadi korban.

“Proses yang dilakukan dari awal pemberangkatan pekerja ini hingga sampai ke Singapura satu rangkaiannya merupakan anprosedural atau tidak diatur didalam peraturan perundang-undangan tenaga kerja,” beber Arie mengakhiri.

Atas perbuatannya, tersangka diterapkan Pasal 4 Jo Pasal 7 Jo Pasal 10 Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2007 tentang pemberantasan TPPO, dengan ancaman pidana penjara paling lama seumur hidup dan pidana denda paling banyak Rp 5 miliar.

 

Penulis & Editor: KO I Redaksi

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Kodim 0317/TBK Gelar Lomba Mancing Meriahkan HUT RI ke 77

17 Agustus 2022 - 22:30 WIB

Update Covid-19 Karimun: Sembuh 3, Pasien Positif 3

17 Agustus 2022 - 16:48 WIB

Pimpin Upacara HUT RI ke 77, Bupati Karimun: Kemiskinan dan Pengangguran Menurun

17 Agustus 2022 - 16:00 WIB

Polres Karimun Panitia Utama Upacara Bendera HUT RI ke 77

17 Agustus 2022 - 12:00 WIB

Kompak! Satgas TMMD dan Masyarakat Cor Jalan Semenisasi Ratusan Meter

17 Agustus 2022 - 11:45 WIB

Ribuan Pengunjung Padati Lapangan Merdeka Lingga Saksikan Pawai Obor HUT RI ke 77

17 Agustus 2022 - 10:44 WIB

Trending di Kepri