Menu

Mode Gelap

Karimun · 9 Mar 2020 08:47 WIB

Pembukaan MTQ XII Kabupaten Karimun Berlangsung Meriah


					Penyerahan piala bergilir MTQ Kabupaten Karimun untuk diperebutkan kembali pada MTQ XII Kabupaten Karimun tahun 2020, Minggu (8/3) malam. (Foto: Eka Perdana/Humas Pemkab Karimun). Perbesar

Penyerahan piala bergilir MTQ Kabupaten Karimun untuk diperebutkan kembali pada MTQ XII Kabupaten Karimun tahun 2020, Minggu (8/3) malam. (Foto: Eka Perdana/Humas Pemkab Karimun).

Infoterkini, Pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XII Kabupaten Karimun, Minggu (8/3/2020) malam berlangsung meriah.

MTQ Kabupaten Karimun tahun ini digelar di lapangan atau taman Perumahan Imperium Keluraha Sungai Raya, Kecamatan Meral sebagai tuan rumah.

Kemeriahan tersebut terlihat dari antusiasnya masyarakat yang datang menyaksikan pembukaan MTQ. Bahkan, sebelum dimulainya acara seremoni pembukaan, masyarakat sudah tampak ramai berada arena utama.

Rangkaian acara pembukaan diawali dengan persembahan tari berjudul Menjulang Tepak. Dilanjutkan dengan
defile kafilah diiringi marching band Gema Karimun.

Kemudian, disusul pembawa Bendera Merah Putih, pembawa bendra LTPQ 12 Kecamatan dan pembawa bunga mawar.

Sebagai penutup malam pembukaan MTQ XII Kabupaten Karimun, kembali dipersembahan tarian kolosal yang juga beehasil memukau para penonton dan tamu undangan.

MTQ XII Kabupaten Karimun dengan memperlombakan 6 cabang, diikuti lebih dari 300 peserta (qori-qoriah) dari 12 Kecamatan.

“Tujuan MTQ sebagai seleksi qori-qoriah terbaik untuk diikutkan pada MTQ Provinsi Kepri yang akan dilaksanakan tanggal 11-17 April di Kota Tanjungpinang,” ujar Ketua Umum Panitia Pengarah MTQ XII Kabupaten Karimun yang juga sebagai Sekda Karimun, H Muhammad Firmansyah dalam laporannya.

Sementara itu Bupati Karimun, Aunur Rafiq mengatakan, penyelenggaraan musabaqah tentu tidak hanya sekedar bermakna sebagai peneguhan syiar Islam.

Tetapi lebih jauh diharapkan, menjadi barometer untuk mengukur hasil atau outcome kegiatan pembelajaran Al-Qur’an yang berlangsung di masyarakat.

“Signifikansi nilai-nilai Al-Qur’an sebagai pandangan hidup masyarakat perlu ditumbuh kembangkan melalui proses pendidikan baik formal maupun informal. Kajian-kajian Al-Qur’an terus digiatkan,” ucap Rafiq dalam sambutannya saat membuka MTQ ditandai dengan pemukulan beduk.

Disampaikannya lagi, sungguh sangat keliru apabila pelaksanaan MTQ hanya dipahami dari sisi kegiatan syiar keagamaan, tanpa mampu memaknai lebih komprehensif akan nilai-nilai manfaat dan kemaslahatan yang terkandung di dalamnya.

Pemahaman dan kesadaran inilah yang perlu dibangun dalam nurani dan pikiran setiap masyarakat sehingga kegiatan MTQ tidak hanya disikapi sebagai kegiatani rutinitas seremonial saja.

“MTQ harus menjadi momentum strategis dalam pelaksanaan pembangunan dan perilaku kehidupan masyarakat yang berlandaskan nilai-nilai qurani,” pinta Rafiq mengakhiri.

Turut hadir pada kesempatan tersebut diantaranya Wakil Bupati Karimun, Anwar Hasyim, Ketua DPD PDIP Kepulauan Riau, Soerya Respationo, Ketua DPRD Karimun, Yusuf Sirat, FKPD, Pimpinan OPD, Anggota DPRD Provinsi Kepri Dapil Karimun, Ketua TP PKK, tokoh agama dan tokoh masyarakat.

 

Penulis: nk

Baca Berita Lainnya di Google News
Artikel ini telah dibaca 7 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Kapolsek Balai Karimun Berbagi Nasi Bungkus ke Masyarakat Setiap Hari Jumat

9 Desember 2022 - 18:30 WIB

Ini Besaran UMK Kabupaten dan Kota di Provinsi Kepri 2023, Batam Tertinggi

9 Desember 2022 - 18:01 WIB

Kompol Petra Centya Katotje Tumengkol Jabat Wakapolres Karimun

9 Desember 2022 - 15:10 WIB

Kapolres Karimun Santuni Penderita Tumor

9 Desember 2022 - 14:52 WIB

Pengganti KTP Elektronik, Pemprov Kepri Mulai Terapkan Identitas Kependudukan Digital

9 Desember 2022 - 14:16 WIB

Dewan Pers: UU KUHP Mengancam Kemerdekaan Pers dan Demokrasi

8 Desember 2022 - 22:52 WIB

Trending di Kolom