Menu

Mode Gelap
Begini Kata Bupati Karimun Soal Dualisme KNPI Update Covid-19 Karimun: Bertambah Lagi, Positif Covid-19 Tersebar di 4 Kecamatan Oknum Guru SD di Kundur Pelaku Pencabulan 5 Siswa Dinonaktifkan Terjadi Lakalantas di Karimun, Begini Penjelasan Polisi Berstatus PNS, Oknum Guru Agama yang Cabuli 5 Siswa SDN di Kundur Terancam Dipecat Oknum Guru SD di Kabupaten Karimun Cabuli 5 Siswa dengan Iming-iming Nilai Tinggi Positif Covid-19 di Karimun 6 Orang, Kadinkes: Semuanya Isoman Telah Dibuka Pendaftaran Bacalon Ketua DPD KNPI Karimun Kadispora Karimun: Hasil Popda Kepri 2022 jadi Evaluasi Untuk Perbaikan Ada Pemeliharaan PLTU, Listrik di Karimun Padam Bergilir Mulai 29 Juli 2022

Anambas · 2 Mar 2020 11:56 WIB

Pilkada 2020, PWI Kepri Harap KPUD Lebih Teliti


					Pilkada 2020, PWI Kepri Harap KPUD Lebih Teliti Perbesar

Batam, infoterkini.co.id – Insan pers, sebagai penjaga pilar keempat demokrasi, akan ikut memantau jalannya proses pilkada serentak tahun 2020 di Kepri agar berjalan jujur dan transparans.

Kepada KPUD di setiap tingkatan, sebagai penyelenggara pilkada, diharapkan bersikap profesional dan adil.

Imbauan itu disampaikan Ketua PWI (Persatuan Wartawan Indonesia) Provinsi Kepri, Candra Ibrahim didampingi Sekretaris Novianto, Bendahara Andi Gino dan jajaran Mappilu (Masyakarat dan Pers Pemantau Pemilu) PWI Kepri, menyikapi berbagai perkembangan dan eskalasi yang terjadi selama proses pilkada serentak di beberapa kabupaten/kota dan Provinsi Kepri.

“Penting bagi kita semua, terutama penyelenggara Pilkada seperti KPUD dan Bawaslu, untuk memastikan bahwa mereka bekerja secara baik, transparan, adil, dan jujur demi menghindari kecurigaan rakyat, agar tercipta pilkada yang jujur dan adil,” ucap Candra kepada media, baru-baru ini.

Dikatakannya, kekeliruan dan protes yang terjadi dalam proses Pilkada Kota Batam, ketika KPUD Batam keliru dalam membuat tahun pada kops surat keputusan, sedikitnya telah nenimbulkan pertanyaan.

Meskipun sudah diralat, hendaknya itu menjadi pelajaran agar KPUD lebih berhati-hati, termasuk di tempat lain.

Sebagaimana diberitakan, pada berita acara KPUD Batam nomor 23/PP.02.2-BA/KPU/II/2019, berkaitan persyaratan calon independen Pilkada Batam atas nama Ir Zukriansyah dan pasangannya Eka Anita Diana, KPUD keliru menulis tahun, yakni 2019. Padahal harusnya 2020. Surat ini sudah diralat, namun telah menimbulkan gugatan ke Bawaslu.

“Oleh sebab itu, penting kiranya hal ini menjadi perhatian kita semua. Apalagi bagi KPUD dan Bawaslu. Sebab kepada merekalah tugas konstitusi ini diberikan oleh negara,” ucap Sekretaris Dewan Penasehat SMSI (Serikat Media Siber Indonesia) Provinsi Kepri itu.

Selanjutnya, Candra yang juga Komisaris Utama batampos online berharap, KPUD dan Bawaslu bekerja secara lebih teliti dalam memeriksa seluruh berkas pencalonan dan syarat para bakal calon (balon).

“KPUD kan memang diberi tugas oleh negara. Kalau balonnya memenuhi syarat, katakan memenuhi syarat. Berlaku untuk jalur partai maupun independen. Sebaliknya, jika balon tak memenuhi syarat, tegaskan saja tidak. PWI Kepri dan Mappilu PWI Kepri akan mendukung,” tegasnya.

Sebagaimana diketahui, pada 23 September 2020 nanti, akan dilaksanakan pilkada serentak untuk Provinsi Kepri, Kota Batam, Kabupaten Karimun, Kabupaten Bintan, Kabupaten Natuna, Kabupaten Kepulauan Anambas, dan Kabupaten Lingga.

Dari beberapa daerah itu, mulai nampak balon jalur independen, seperti Batam dan Anambas.

 

 

 

Sumber: Rilis PWI Kepri

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Satgas TMMD ke 114 Karimun Kebut Penyelesaian Rehap RTLH

8 Agustus 2022 - 20:54 WIB

Tingkatkan Imunitas Polres Lingga Gelar Fun Bike dan Senam Aerobik

8 Agustus 2022 - 09:57 WIB

Santunan Belum Dapat, DP2KA Lingga Nunggak BPJS

8 Agustus 2022 - 09:51 WIB

TMMD ke 114: Dandim 0317/TBK Berbagi Sembako di 2 Desa

8 Agustus 2022 - 09:36 WIB

Didukung 12 OKP, Raden Richky Pimpin DPD KNPI Karimun Periode 2022-2025

8 Agustus 2022 - 09:13 WIB

Begini Kata Bupati Karimun Soal Dualisme KNPI

6 Agustus 2022 - 18:18 WIB

Trending di Headline