Menu

Mode Gelap
HUT RI ke-77, Polairud Polres Karimun Kibarkan Bendera Merah Putih di Pulau Terluar Indonesia Kadinkes Karimun: Covid-19 Belum Berakhir, Patuhi Prokes dan Ikut Vaksin Booster Begini Kata Bupati Karimun Soal Dualisme KNPI Update Covid-19 Karimun: Bertambah Lagi, Positif Covid-19 Tersebar di 4 Kecamatan Oknum Guru SD di Kundur Pelaku Pencabulan 5 Siswa Dinonaktifkan Terjadi Lakalantas di Karimun, Begini Penjelasan Polisi Berstatus PNS, Oknum Guru Agama yang Cabuli 5 Siswa SDN di Kundur Terancam Dipecat Oknum Guru SD di Kabupaten Karimun Cabuli 5 Siswa dengan Iming-iming Nilai Tinggi Positif Covid-19 di Karimun 6 Orang, Kadinkes: Semuanya Isoman Telah Dibuka Pendaftaran Bacalon Ketua DPD KNPI Karimun

Kepri · 4 Mar 2020 18:27 WIB

Rumah Sakit Galang Tidak Hanya Tangani Covid-19


					Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau, Tjetjep Yudiana. (Foto: istimewa). Perbesar

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau, Tjetjep Yudiana. (Foto: istimewa).

Tanjungpinang, infoterkini.co.id – Rumah sakit yang direncanakan dibangun di Pulau Galang, Batam, tidak hanya untuk menangani penderita Covid-19, melainkan infeksi lainnya yang disebabkan virus dan bakteri, kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau, Tjetjep Yudiana.

“Jadi tidak benar rumah sakit yang akan dibangun di Galang itu hanya khusus untuk menangani penderita Covid-19. Yang benar itu, seluruh penyakit yang disebabkan virus atau bakteri,” ujarnya, yang dihubungi di Tanjungpinang, Rabu (4/3/2020).

Tjetjep menyatakan rumah sakit itu dibutuhkan karena penderita penyakit yang disebabkan virus atau bakteri itu membutuhkan penanganan khusus, termasuk ruangan khusus agar tidak menular terhadap pasien lainnya.

Penyakit lainnya yang juga ditangani di rumah sakit yang akan dibangun di Galang seperti TBC dan HIV Aids.

“Jumlah penderita TBC di Kepri cukup banyak sehingga perlu penanganan khusus di rumah sakit khusus sehingga pasien lainnya yang daya tahan tubuhnya lemah tidak tertular,” ucapnya.

Tjetjep berharap rumah sakit yang dibangun pemerintah pusat di Galang setara Rumah Sakit Penyakit Infeksi
Prof. Dr. Sulianti Saroso di Jakarta Utara. Penanganan pasien yang terinfeksi virus maupun bakteri secara khusus akan menyelamatkan pasien tersebut.

“Kami berharap informasi terkait pembangunan Rumah Sakit Corona yang terlanjur tersebar di media sosial dan sejumlah media massa diklarifikasi karena sebenarnya bukan hanya untuk Covid-19, melainkan juga penyakit lainnya yang tidak kalah penting untuk ditangani secara khusus,” tuturnya.

Menurut dia, informasi yang berkembang luas terkait pembangunan rumah sakit di Galang, Batam dapat menimbulkan kecemasan yang luar biasa di tengah masyarakat, karena terkesan Covid-19 sudah meluas sehingga dibangun rumah sakit itu.

“Sekali lagi saya katakan, pembangunan rumah sakit itu tidak hanya untuk penderita Covid-19,” tegasnya.

Ia mengatakan pagi ini tim dari pusat yang dipimpin Panglima TNI akan meninjau lokasi pembangunan rumah sakit tersebut. Pembangunan rumah sakit tersebut tentunya tidak mengganggu sektor lainnya, seperti pariwisata, pendidikan dan sosial kemasyarakatan.

“Pemerintah memilih Galang untuk pembangunan rumah sakit tentu dengan berbagai pertimbangan yang matang. Bagi Pemprov Kepri ini adalah kabar baik,” katanya.

 

 

 

Sumber: Diskominfo Kepri

Artikel ini telah dibaca 4 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Satgas TMMD 114 Kodim 0317/TBK Selesai Bangun 9 Unit Jamban Warga Desa Parit

14 Agustus 2022 - 17:05 WIB

Adat Budaya Melayu Lingga Sambut Kapolres Baru

13 Agustus 2022 - 22:01 WIB

Neko Temui PSDKP Minta Tertibkan Kapal Ganggu Nelayan Lingga

12 Agustus 2022 - 17:17 WIB

Satgas TMMD 114 Kodim 0317/TBK Beri Penyuluhan Pertanian Kepada Warga

12 Agustus 2022 - 15:29 WIB

HUT RI ke-77, Polairud Polres Karimun Kibarkan Bendera Merah Putih di Pulau Terluar Indonesia

11 Agustus 2022 - 17:06 WIB

Tim Wasev Tinjau TMMD ke 114 Kodim 0317/TBK

11 Agustus 2022 - 16:52 WIB

Trending di Karimun