Menu

Mode Gelap
Begini Kata Bupati Karimun Soal Dualisme KNPI Update Covid-19 Karimun: Bertambah Lagi, Positif Covid-19 Tersebar di 4 Kecamatan Oknum Guru SD di Kundur Pelaku Pencabulan 5 Siswa Dinonaktifkan Terjadi Lakalantas di Karimun, Begini Penjelasan Polisi Berstatus PNS, Oknum Guru Agama yang Cabuli 5 Siswa SDN di Kundur Terancam Dipecat Oknum Guru SD di Kabupaten Karimun Cabuli 5 Siswa dengan Iming-iming Nilai Tinggi Positif Covid-19 di Karimun 6 Orang, Kadinkes: Semuanya Isoman Telah Dibuka Pendaftaran Bacalon Ketua DPD KNPI Karimun Kadispora Karimun: Hasil Popda Kepri 2022 jadi Evaluasi Untuk Perbaikan Ada Pemeliharaan PLTU, Listrik di Karimun Padam Bergilir Mulai 29 Juli 2022

Kesehatan · 26 Feb 2020 10:01 WIB

Tingkatkan Kesehatan Mata dan Penglihatan dengan 4 Makanan Ini


					Sejumlah makanan baik untuk mengoptimalkan kesehatan mata (Foto: unsplash.com) Perbesar

Sejumlah makanan baik untuk mengoptimalkan kesehatan mata (Foto: unsplash.com)

Infoterkini.co.id – Kesehatan mata tergantung pada berbagai komponen gaya hidup dan faktor genetika. Salah satu hal terbaik yang dapat dilakukan untuk penglihatan dan kesehatan mata jangka panjang adalah makan makanan yang seimbang, tinggi vitamin dari buah-buahan dan sayuran, serta rendah lemak jenuh dan gula. Secara khusus, vitamin A, C, E, dan seng sangat bermanfaat untuk mata.

Tentu saja, cara terbaik untuk menjaga kesehatan mata adalah dengan melakukan pemeriksaan mata setahun sekali dengan dokter mata untuk memeriksa masalah penglihatan tetapi mudah untuk menambahkan beberapa bahan ini ke dalam pola makanmu untuk merawat mata dan kesehatan secara keseluruhan dalam jangka panjang. Melansir dari realsimple.com, berikut adalah rekomendasi makanan apa saja yang harus dimakan untuk meningkatkan kesehatan mata dan penglihatan yang lebih baik.

Sayuran hijau

Sayuran hijau seperti kangkung mengandung nutrisi penting seperti lutein dan zeaxanthin. Kedua antioksidan ini ditemukan dalam konsentrasi tinggi pada makula, yakni pusat retina yang bertanggung jawab atas apa yang dilihat langsung di depan kamu. Tubuh tidak secara alami membuat semua nutrisi yang dibutuhkannya, jadi penting bagi kita untuk mengonsumsinya. Makan banyak sayuran hijau seperti kangkung dan bayam akan membantu menjaga penglihatan dan mengurangi risiko katarak pada mata serta degenerasi makula.

Makanan yang baik untuk menyehatkan mata

Wortel

Wortel dapat membantu melindungi penglihatan. Hal ini dikarenakan wortel mengandung banyak vitamin A yang membantu melindungi permukaan mata dan sangat penting untuk memerangi kekeringan pada mata dan menjaga penglihatan yang baik. Vitamin A juga berperan dalam mengurangi risiko kehilangan penglihatan akibat degenerasi makula dan katarak.

Paprika

Paprika yang berwarna cerah ini membantu menjaga permukaan mata tetap sehat dan mengurangi risiko degenerasi makula terkait usia. Hanya satu cangkir paprika memberikan 100 persen dari nilai harian yang direkomendasikan dari vitamin A dan C. Paprika juga bebas lemak, rendah kalori, dan mengandung tiga gram serat per cangkir.

Labu

Labu adalah makanan pokok yang mengandung nutrisi yang menyehatkan mata. Buah yang panen dari awal musim gugur hingga musim dingin ini kaya akan vitamin A, C, E, seng, serat, lutein, omega-3, dan zeaxanthin. Bahan gizi mikronutrien ini membantu memerangi degenerasi makula terkait usia, sindrom mata kering, dan katarak. Makanan yang kaya omega-3 juga dapat membantu melindungi pembuluh darah kecil yang ada pada mata.

 

 

 

Sumber: fimela.com

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Tingkatkan Imunitas Polres Lingga Gelar Fun Bike dan Senam Aerobik

8 Agustus 2022 - 09:57 WIB

Santunan Belum Dapat, DP2KA Lingga Nunggak BPJS

8 Agustus 2022 - 09:51 WIB

Update Covid-19 Karimun: Bertambah Lagi, Positif Covid-19 Tersebar di 4 Kecamatan

6 Agustus 2022 - 13:05 WIB

Bantu Keluarga Kurang Mampu, Kodim 0317/TBK Gelar Khitanan

5 Agustus 2022 - 16:52 WIB

Positif Covid-19 di Karimun 6 Orang, Kadinkes: Semuanya Isoman

2 Agustus 2022 - 15:22 WIB

Pengurus PMI Kecamatan Kundur dan Ungar Masa Bakti 2022-2027 Dilantik

30 Juli 2022 - 13:51 WIB

Trending di Karimun