Menu

Mode Gelap

Karimun · 16 Mar 2020 17:55 WIB

TNI AL Tangkap 3 Perompak yang Beraksi di Perairan Kepri, 2 Lagi Masih Buron


					3 perompak yang ditangkap aparat TNI AL saat melakukan pencurian barang berharga di di kapal MV. Sam Jaguar berbendera Liberia, di perairan Kepulauan Riau, Senin (16/3/2020) pagi. Perbesar

3 perompak yang ditangkap aparat TNI AL saat melakukan pencurian barang berharga di di kapal MV. Sam Jaguar berbendera Liberia, di perairan Kepulauan Riau, Senin (16/3/2020) pagi.

INFOTERKINI – Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) menggagalkan aksi pencurian barang-barang berharga di kapal MV. Sam Jaguar berbendera Liberia, Senin (16/3/2020) pagi.

Tindak kejahatan laut itu terjadi di perairan antara Timur pulau Karimun dan Barat pulau Nipah, Kepulauan Riau (Kepri).

Sebanyak 3 dari 5 pelaku (perompak) berhasil ditangkap aparat TNI AL, yakni berinisial J, W, B dan C.

Pelaku yang ditangkap tersebut, merupakan residivis (jaringan lama). Pada tahun 2015 lalu, mereka melakukan perompakan di MV Marlin, dan dijatuhi hukuman selama 4 tahun penjara.

“2 pelaku lagi yang berhasil melarikan diri menggunakan boat pancung, masih dalam pencarian pihak Lanal TBK,” ujar Danguskamla Koarmada I, Laksamana Pertama TNI Yayan Sofiyan kepada wartawan diatas KRI Siwar di dermaga Lanal TBK, Kabupaten Karimun, Provinsi Kepri, Senin (16/3/2020) sore.

Danguskamla Koarmada I, Laksamana Pertama TNI Yayan Sofiyan didampingi Danlanal TBK, Kapolres Karimun, Ketua Pengadilan dan Kajari Karimun memberikan keterangan kepada wartawan terkait penangkapan 3 perompak yang beraksi di perairan Kepri, diatas KRI Siwar di dermaga Lanal TBK, Kabupaten Karimun, Provinsi Kepri, Senin (16/3/2020) sore.

Turut hadir pada kesempatan itu diantaranya Danlanal TBK, Letkol Laut (P) Mandri Kartono, Kapolres Karimun, AKBP Yos Guntur, Kepala Kejari Karimun dan Ketua Pengadilan Negeri Karimun.

Dikatakannya, pengungkapan tindak pidana kejahatan laut tersebut setelah mendapatkan laporan dari pihak Singapura, bahwa ada beberapa orang tidak dikenal naik ke MV Sam Jaguar, yang diduga akan melakukan pencurian di atas kapal tersebut.

Sebelumnya berdasarkan keterangan awal didapat, para pelaku berangkat pada hari Jumat tanggal 14 Maret 2020 melalui pantai Pongkar, Kabupaten Karimun menggunakan boat pancung dengan jumlah 5 orang.

Kemudian diperintahkan unsur operasi dibawah BKO Guskamla Koarmada I KRI Halasan-630, Helly BO 105 HE-4108 TNI AL dan berkoordinasi dengan Lanal TBK, Lanal Batam dan Posal Pulau Nipah untuk menindak lanjutinya.

Pukul 05.20 WIB pagi, personel Posal Pulau Nipah melaksanakan pencarian di perairan antara Timur pulau Karimun dan Barat pulau Nipah, dan ditemukan MV Sam Jaguar pada posisi 01.08.558 U – 103.33.096 T.

Selanjutnya, personel Posal Pulau Nipah berkoordinasi dengan crew Kapal MV. Sam Jaguar untuk ijin naik ke kapal. Setelah berada di kapal, perompak terdeteksi di ruang mesin kapal dan dilakukan penangkapan dan berhasil dilumpuhkan 3 orang.

“Mereka mencari target atau sasaran kapal-kapal yang dapat dinaiki dengan mudah yang melintas di TSS. Biasanya mereka mencuri spare part kapal, kemudian dijual ke Jakarta melalui exspedisi kapal,” kata Laksamana Pertama TNI Yayan Sofiyan mengakhiri.

Penulis: nr

Baca Berita Lainnya di Google News
Artikel ini telah dibaca 2 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Bayi 7 Bulan di Lingga Meninggal Dunia Diduga Gizi Buruk

6 Desember 2022 - 12:42 WIB

Pemkab Karimun Bangun Jalan Lebuh-Penarah dan Kampung Asam-Sebele Senilai Rp 33 Miliar

6 Desember 2022 - 11:29 WIB

Luar Biasa, Warga Sekop Laut Lingga Bangun Gedung PAUD dari Dana Swadaya

6 Desember 2022 - 11:07 WIB

Polres Karimun Bantu Sembako Untuk Korban Kebakaran

5 Desember 2022 - 18:33 WIB

Operasi Pekat, Polres Karimun Amankan Petasan dan Kembang Api

5 Desember 2022 - 14:26 WIB

Ini Dugaan Penyebab Terbakarnya 3 Rumah Warga di Karimun

5 Desember 2022 - 13:18 WIB

Trending di Headline