Iklan - Scroll Untuk Baca Artikel
KarimunKepriPeristiwaTrend

KPK RI: Pemkab Karimun Tertinggi Kedua Indeks Pencegahan Korupsi se-Kepri

×

KPK RI: Pemkab Karimun Tertinggi Kedua Indeks Pencegahan Korupsi se-Kepri

Sebarkan artikel ini
Bupati Karimun, Aunur Rafiq saat menghadiri Rakorwasda Provinsi Kepri di Hotel Swiss Bell Harbour Bay Batam, Selasa (28/11/2023).
IKUTI RCMNEWS di Google News

Karimun – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI menyebutkan, Pemkab Karimun memperoleh nilai Indeks Pencegahan Korupsi (MCP) tertinggi kedua se- Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), dengan capaian 91,12 pada tahun 2022.

Kemudian hasil penilaian KPK RI, nilai peningkatan Indeks Survey Penilaian Integritas (SPI) Pemkab Karimun tertinggi pertama tingkat Provinsi Kepulauan Riau dengan capaian 7,30 poin dari semula 68,53 menjadi 75,80 pada tahun 2022.

Iklan - Scroll Untuk Melanjutkan
Iklan - Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Capaian itu disampaikan oleh Direktur Koordinasi dan Supervisi Wilayah I KPK RI, Edi Suryanto, pada rapat koordinasi pengawasan daerah (Rakorwasda) Provinsi Kepri di Hotel Swiss Bell Harbour Bay Batam, Selasa (28/11/2023).

Hadir dalam acara laporan hasil Monitoring Center For Prevention (MCP) dan Survey Penilaian Integritas (SPI) tahun 2022 tersebut, diantaranya Bupati Karimun, Aunur Rafiq didampingi Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Inspektur Daerah, dan Kepala Dinas PUPR.

Edi Suryanto mengatakan, MCP memiliki 8 fokus area intervensi bagi perbaikan tata kelola pemerintah daerah, terdiri dari perencanaan dan penganggaran APBD, pengadaan barang dan jasa.

Baca: Bupati Karimun Aunur Rafiq: Pembangunan Keagamaan jadi Prioritas

Selain itu, perizinan, pengawasan APIP, manajemen ASN, optimalisasi pajak daerah, pengelolaan barang milik daerah dan tata kelola desa.

“Capaian MCP Kabupaten Karimun per tanggal 3 Desember 2023 di poin 85,00 dan akan berakhir pada tanggal 6 Januari 2024. Masih ada kesempatan untuk terus meningkatkannya,” ujarnya.

Sementara, Bupati Karimun, Aunur Rafiq menyampaikan, capaian MCP dan SPI hasil kerja keras seluruh pimpinan OPD, staf dan jajarannya serta juga binaan inspektorat .

“InsyaAllah tahun 2023 hingga 2024 dapat dipertahankan dan juga ditingkatkan. Inilah bentuk komitmen kita dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawab kita kepada masyarakat,” ucapnya.

Bupati Rafiq mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada OPD Pemkab Karimun terkait pencapaian MCP yaitu BPKAD, Baperlitbang, DPMPTSP, Bapenda, BKPSDM, Dinas PMD, Bagian UKPBJ, dan Bagian Ortal, atas pencapaian kinerja luar biasa dalam periode tersebut.

Ucapan terima kasih juga atas dukungannya pencapaian Survey Penilaian Integritas (SPI) kepada seluruh OPD atas pengisian surveinya dan upaya maksimal penyampaian survei kepada pengguna layanan.

Baca: Kapolres Karimun Ajak Insan Pers Wujudkan Pemilu 2024 Damai dan Kondusif

Keberhasilan ini lanjut Bupati Rafiq, juga menunjukkan bahwa sebagai tim, kita memiliki sinergi yang kuat dan kemampuan untuk mengatasi tantangan dengan kreativitas dan keberanian mencegah dan melawan Korupsi.

“Keberhasilan ini tidak hanya mencerminkan dedikasi dan kerja keras masing-masing dari kita, tetapi juga merupakan hasil kolaborasi yang luar biasa. Mari terus mempertahankan semangat ini untuk mencapai pencapaian yang lebih besar di masa depan,” pungkas Bupati Karimun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *